Jumat, 30 Mei 2014

pengalaman masuk SMAKBO


     Hai sob nama gua karna wijaya,gua disini mau share tentang pengalaman gua masuk SMAKBO dan gimana awal2 gua masuk SMAKBO.


    dulu sebelum masuk smabo gua sekolah di sekolah yang bertaraf islami yaitu MTs.Sirojul kamal,pas udah kelas 9 gua mulai nyari tuh sekolah mana yg mau gua jadiin sekolah lanjutan sekolah MTs,dulu gua pernah disuruh mesantren sob tapi kk gua maunya gua masuk SMK biyar bisa langsung kerja soalnya gua masih punya tanggung jawab buat sekolahin ade gua.nah dari situh gua mulai berfikir lagi gua harus msuk SMK tapi SMK yang pas sama kemampuan gua apa?
 

    karena orang bilang gua punya kemampuan di bidang pelajaran matematika akhirnya gua mikir lagi tuuh MTk cocoknya ke apa?kl itung2an sih kebanyakan di ekonomi?atau ga bisa di manfaatin buat ngapalin rumus2 dan akhirnya gua mutusin buat ambil jurusan IPA.mulai dari situh gua mulai nyari2 sekolah smk di bogor lewat internet karena gua blum terlalu tau bnyak tentang bogor yaudah gua nanya aja ke temen yang udah lebih dulu tinggal dan bersekolah di kota bogor,waktu itu gua nanya ke dia kalo sekolah ipa yg paling bagus di bogor apa?trus dia jawab kl yg paling bagus itu SMAKBO udah terkenal di indo pula,nah dari situlah gua mulai punya pencerahan tentang problem gua melanjutkakn sekolah :)
     

    Sejak dapet info,gua langsung nyri2 tuh alamatnya gimana,cara masuknya gimana,dan yang paling penting tes masuknya itiiu gmn?kira2 gua bisa ga?yak maklum SMAKBO kan sekolah di kota sudah terkenal pula.lah gua?dari kampung sob gatau apa2,tapi gua gmau nyerah gua harus berusaha dengan keras supaya bisa msuk sekolah ini.

    pas udah dibuka pendaftaran 5 hari gua daftar kesitu dianter kk gua skalian pengen tau alamatnya,kirain gua baru dikit yg daftar eh ternyta gua aja dapet nomor daftar ke 275,buset dah gua mikir ini sekolah banyak peminatnya banget ,saat itu gua mulai ga pede hha
    di map formulir smakbo gua temuin tuh kl mau coba atau latihan sooal2 tesnya gua bisa ikut try out di salah satu tempat bimbel yg ngjarnya itu alumni smakbo angkatan 20-an,yaudah untuk latihan akhirnya dihubungilah tempat bimbel itu dan biaya pendaftarannya 100 rb untuk 3 kali try out,abis itu gua sama kk gua langsung dateng ketempat bimbel itu trus daftar dah tapi nemuin tempat bimbelnya ga semudah itu sob gua harus bolak-balik turun lift untuk mencapai lokasi dan karena kecapean kk gua tiba2 blg gni "nanti kl masuk smakbo inget2 perjuangannya sampe kaya gini",gua lngsung termotivasi kl gua harus bner2 masuk sini ,masa sih perjuangan gua secape ini harus sia2?gamungkin kan.



    try out pertama gua jalani,dateng masih 100% konsen gua,habis keluar try out tggl 10% kali hha abisnya soalnya pada susah2 banget,keesokan harinya gua telpon  tuuh tmpt bimbelnya gua pengen tau hasil kemaren gua try out dan hasil rry out pertama gua nilainya adalah 22,hadeeeh langsung aja gua dimarahin sama om gua,dy blg kamu harus lebih keras lagi belajarnya ditambah cari latihan soal
.


    sejak itu akhirnya gua nyari buku ttg pelajaran yg diiujikan nanti buat tes,gua baca tiap malem di tambah bantuan dari guru smp gua namanya pak triyadi,dy yg slalu baik ngjarin gua dan dy yg slalu support gua walaupun nilai gua kecil2.
                   try out 2,masih sama susahya tapi seengganya nilai gua aga naik dikit hhe jadi 50.habis iru try out 3 nilainya naik lagi jadi 54 hha.ooiya gua punya satu kenalan pas try out
namanya lingga dy temen pramuka gua waktu garuda,try out pertama dia yg menang nilainya di banding gua,try out kedua nilainya sama2 50 hha,dan try out ketiga akhirrrnnnnyyaa gua bisa lebih unggul dr dya .dr try out kita jadi deket,kita punya komitmen kl kita msauk smakbo nantinya mau rintis pramuka disana.




     selesai try out sekarang saatnya menghadapi tes yang sebenarnya penentuan apakah perjuangan gua sia2 atau ga.semua materi yg ada di buku gua hapalin trus ibadah solat gua di tambah doa gua pun diperbanyak,dan pada saat hari H gua brgkat pagi jam 6 dari rumah karena tes dimulai jam 8 pagi,pas nyampe smakbo gillaa udah rame banget dah pokonya,tapi ada satu hal yang bkin gua sedih,orang2 brgkt ksini breng sama temen2nya bareng sama orang tuanya bajunya pada rapih,lah guaaa baju dikeluarin krna udah gamuat temen gaada orangtua ga mau bareng ya gua sendiri tapi itu ga memuat semangan gua pudarr sob walaupun gua aga minder waktu itu liat saingan2 gua mukanya pada piter2



     jam 8 mulai dibagikan soal tes waktu itu ada sekitar 85 soal tapi cuma disuruh cm smpe nmr 80,padahal soal nmor 81-85 itu gua bisa ngerjain-.-



    ada 4 mata pelajaran yg di ujikan waktu itu.matematika,ipa,b.iggris dan bhasa indonesia.gua sebel soalnya pelajaran yg gua sneng malah dkit pelajaran yang gua gasuka malah paling dikit,tapi semangat ah gua mulai ngerjain soal mulai dari pelajaran yg gua suka yaitu mtk,lalu ke bhsa indo,trus ipa dan yang terakhir bhsa inggris gua kerjain sampe waktunya abis,tapi gua grogi waktu ngerjain soal pengawasnya ada smping gua mulu.pengumuman siapa yang diterima 5 hari setelah testing.


  gua ga sabar pengen tau hasilnya,waktu itu pas udah 5 hari setelah testing gua juga ada jadwal ngambil ijazah di MTs,pas mau brgkat gua tanya lingga.ling lu udah dapet surat belum?kata dya blum tapi gua udah diterima .lu kl mau tau liat aja di internet,yaudah tuh akhirnya gua liat trus gua cari2 angka 275 dn akhirnya ketemu dan sumpah itu gua seneng banget di tambah nilai UN mtk gua dapet 100 :D
 

     Setelah mmasuk smakbo pas di MOS seru banget sob lu gakan nemuin MOS sekeren ini kl lu ga masuk SMAKBO.4 hari suruh hapalin lagu himne analis kimia waktu itu kebagian suara tenor pas paduan suara,suara gua kecil tp dipasang di tenor ya pas tampil hari terakhir MOS suara gua udah abis,tapi bangga sih liat orangtua bisa senyum ngeliat gua pas tampil paduan suara sama angkatan 59 dan gua ngerasa bangga bisa ditempatin diantara orang2 yg cerdas .



   pas  baru masuk sekolah 2 bulan gua sempet down banget,ngerasa gakan mampu sekolah disni, gua pengen pindah dari situh dg bnyak alasan ,alasan inilah itulah.tapi,ternya ga mudah keluar dari sekolah ini apalagii kl punya angkatan yg care bangt sama lu,guru2 yg baik,temen2 sekelas yg nutupin masalah kl gua pengen pindah ke guru2,,dan akhirnya setelah gua ga masuk seminggu tmen2 dan wali kelas gua dateng kerumah minta gua lanjutin perjuangan sekolah lagi bareng mereka dan akhirnya gua masuk lagi dan sampe skarang gua masih bertahan dan betah banget sekolah di SMAKBO dan hingga akhirnya gua udah mau naik kelas 11 aja sekarang hhe...



 

     dari peristiwa itu gua dapet beberapa pelajaran....
kl lu pengen suatu hal yang luar biasa,tapi lu banyak kekurangan untuk menggapainya,jangan menyerah sob,lu bisa jadi orang yg luuar biasa untuk suatu hal yang luar biasa,kembangin

seluruh potensi diri jangan pernah menyerah,jangan pernah merasa sendiri,bnyak orang2 yg care sm lu tanpa lu ketahui walaupun itu orang yg baru dalam hidup kita.dan gua ngerasa sekolah di SMAKBO gua temuin sebuah KEKELUARGAAN YANG SEBENARNYA..
oiya dan satu lagi gua inget banget pernah dpet kata2 ini dari seseorang dan akhirnya skarang terbukti "jalani sebuah keterpksaan itu,lama2 keterpaksaan itu akan menjadi sebuah kenyamanan dan menjadi kebutuhan kita untuk kedepapnnya"



OK sob itu cerita dan penglaman gua masuk smakbo, smoga bermanfaat.dan untuk yg mau masuk smakbo tahun ini semangat yahhh dan smoga diterima.......




39 komentar:

  1. Ka tes masuk smakbo itu susah gk sih?

    BalasHapus
  2. harus giat2 belajar nih.....
    omong2 di mana tempat bimbel nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf telat
      Untuk tempat bimbel di smakbo biasanya di e-log,yg ngajar kebanyakan alumni smakbo

      Hapus
  3. mau masuk smabko nih ka tp rada ngedown juga sama tes tes nya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha pasang mindset de gausah takut,kk juga sama dulu gatau apa2 malah ttg smakbo.tp pas liat skolahnya langsung deh pengen banget masuk hhe.pasang mindset pasti bisa,do the best.
      Di tunggu ya :D

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Hallo ka ..Saya anisa asal sukabumi. Saya mau tanya tanya dong ka tentang SMAKBO. Saya berminat untuk masuk ke SMAKBO. Langsung aja ya ka. Ka, kalau pendaftaran untuk tahun ajaran2016/2017 kapan ya dibukanya? terus test nya tuh kayak gimana? terus kita dapet formulirnya dari mana? langsung kesana atau kayak gimana? terus biaya masuknya berapa ka? tolong dibantu ya kak.. Makasih sebelumnya ka ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dibuka de,coba di cari informasinya di link smakbo nya . Smakbo.sch.id
      Pendaftaran bisa dilakukan lewat online juga ko,kalo langsung juga gpp dateng aja sekalian liat skolahnya biar tambah termotivasi buat masuk hehe
      Smangat,semoga bisa ketemu nanti :)

      Hapus
    2. Untuk jalur tes tulis di buka tgl 3 maret-30 mei 2016.testing tgl 31 2016.kl mau daftar lewat website juga bisa buka aja di http://smakbo.sch.id
      Biaya pendaftarannya gratis.

      Hapus
  7. Hi kakak, sepertinya saya kenal Karna Wijaya siapa. Wkwk 😂
    Oh ya, saran doang nih. Ceritain pengalaman ditahun pertama kayak apa, tahun kedua mulai abstrak atau nggak. Stressnya di tahun ketiga.
    Saya tunggu tulisannya ya.
    *kalo gw ketemu lo, gw tagih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya skolah di smakbo itu ngajarin kita buat kuat,ga mudah nyerah di setiap prosesnya.skolah 4 tahun itu sebenernya singkat banget ko.tp kl ga dinikmatin serasa beban.so,kita nikmatin aja ya setiap prosesnya :D

      Hapus
    2. Sebenernya skolah di smakbo itu ngajarin kita buat kuat,ga mudah nyerah di setiap prosesnya.skolah 4 tahun itu sebenernya singkat banget ko.tp kl ga dinikmatin serasa beban.so,kita nikmatin aja ya setiap prosesnya :D

      Hapus
    3. Lo kek nya dendam banget sama gw, bales pake dua kali segala. -___- pffft wkwkwkwk.
      Kalo kata gw..
      SMAKBO itu ngajarin gimana caranya bertanggung jawab, disiplin, belajar jadi dewasa dan mandiri. Melalui banyak tahapan yang ga mudah, butuh kesabaran buat lewatin semua itu. Dan yang terpenting, SMAKBO itu ngajarin gimana lo belajar menghargai waktu.

      Hapus
  8. Nice agan! Keep posting, mampir gan! http://noerarifinyusuf.blogspot.com/2014/06/masuk-smakbo-luar-biasa-nak.html

    BalasHapus
  9. Maaf mau nanya kak, nem UN kk wktu smp berapa ya? makasih.

    BalasHapus
  10. Nem nya kecil ko cuma 33 dr 4 pelajaran kl gasalah,tapi masuk SMAKBo galiat dari nem UN ko :D

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Untuk lihat postingan lain tentang smakbo dan ingin menanyakan tentang gmn cara masuk smakbo dan pengalamannya. Yuk dibuka karnawikipedia.blogspot.com
    akun yg ini sudah tidak bisa dibuka,trimakasih :)

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. halo kak, makasih buat post yang sukses bikin saya kabitaaa :'v doain saya angkatan 2016/1017 ya huhu, jujur emang down sih kalo mikirin testnya, dan saya gak cepet ngatur angka, mana waktu itu nyoba ikut eksakta ngeliat yg lain banyak yg lebih pinter

    BalasHapus
    Balasan
    1. percaya sama diri sendiri,dari sebelum lahir pun kita ditakdirkan untuk menjadi seorang pemenang.semoga sukses:)

      Hapus
  15. kak post nya inspirasi banget, tapi jujur ya kalau ngebayangin tes nya down banget,tapi pengen banget masuk SMAKBO, bantu doanya dong kak, bisa aja dengan banyak doa orang bisa masuk :v amin, terus bagi tips waktu belajar efektif dong kak makasih...

    BalasHapus
  16. kak post nya inspirasi banget, tapi jujur ya kalau ngebayangin tes nya down banget,tapi pengen banget masuk SMAKBO, bantu doanya dong kak, bisa aja dengan banyak doa orang bisa masuk :v amin, terus bagi tips waktu belajar efektif dong kak makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm kalo kita pengen suatu hal pasti kita bakalan lakuin hal apapun buat raih hal itu,sebenernya gausah bayangin tes nya itu kaya gmn de hehe fokus ke memperbaiki diri sendiri aja.lakuin yang terbak,yakin tuhan udah ngasih semuanya dan ada dalam diri kamu sendiri tinggal kamu gimana ngasah kemampuan kamu sendiri,percaya kamu hebat !
      tips belajar ya sesuain sama diri sendiri aja,gmn enaknya soalnya kan tia orang beda2 dalam menyerap pelajaran.yang pentig diusahain belajar tiap hari dan kalo ada yg kurang segera di perbaiki.semoga sukses dan bisa ketemu di smakbo :)

      Hapus
  17. Saya udah niat banget masuk sini semenjak saya kelas 8smp,karna kaka saya alumni smakbo tapi saya takut ga keterima kesekolah ini,ayah saya nyaranin sih buat bimbel tapi saya takut itu percuma,tau2nya saya gaketerima..
    doain saya kaka kaka smakbo biar saya bisa masuk sekolah ini :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang semuanya tergantung dengan apa yg kita yakini,mindset is doa. Gausah takut,percaya sama diri sendiri yah,percaya sama kemampuan yg kita punya,sebelum lahir pun semuanya ditakdirkan buat menang ko :) apalagi kakanya alumni juga. Aaminn ditunggu di smakbo yah :)

      Hapus
  18. Kak, aku kan gak ikut bimbel, kira-kira bisa ngikutin gak ya? Soal-soalnya susah gak kak?

    BalasHapus
  19. Kak, aku kan gak ikut bimbel, kira-kira bisa ngikutin gak ya? Soal-soalnya susah gak kak?

    BalasHapus
  20. Kak, aku kan gak ikut bimbel, kira-kira bisa ngikutin gak ya? Soal-soalnya susah gak kak?

    BalasHapus
  21. Buat yg br mau masuk sana pesannya cm satu, Santai aja, soal2nya biasa aja tp ada yg diluar pelajaran sehari hari, saingannya banyak tentunya (jaman sy diterima 192 yg daftar 600an), yg ptg banyak2 latihan soal & berdoa aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ka :) soal2nya standar ,yg penting banyak belajar dan persiapkqn dengan matang

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Kak aku udh diterima di smakbo,trs nem aku cukup untk msk smansa. apa yg hrs aku lakuin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pikirkan ekspektasi ke depannya de,itu kembali lagi ke diri sendiri :)
      Pikirkan juga mau ambil kerja atau kuliah setelah lulus

      Hapus
  24. Selamat wisuda kak...

    Salam dari angkatan 63

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak kata angkatan sebelumnya "minta aja soal tesnya ke angkatan 63!"Kaka punya ga?

      Hapus
  25. Kak ada soal tesnya ga?materinya hampir sama ga sih sama materi biasa SMP?

    BalasHapus